Minggu, 14 September 2014

Cara bongkar & membersihkan laptop 

Toshiba Satellite L510

Biasanya akan terjadi penumpukan debu pada bagian dalam laptop yang sudah lama digunakan. Hal tersebut bisa menyebapkan kerusakan jika dibiarkan lebih lama tanpa dibersihkan. Penumpukan debu yang paling banyak biasanya ada di bagian perangkat pendingin laptop, Ini bisa menyebapkan laptop cepat panas karena saluran udara tersumbat, selain itu masih terdapat bahaya yang lebih parah jika debu masuk ke perangkat yang sangat sensitif.

 
Saya sudah menggunakan laptop ini selama kurang lebih empat tahun dan sejauh ini belum ada kerusakan berarti kecuali berkurangnya kapasitas batrai dan  kabel adaptor yang mengelupas. Saya pikir ini saatnya untuk membersihkan bagian dalamnya, dan ini adalah hasil dokumentasi dari kegiatan di luar prosedur standar yang beresiko tersebut :

A. Persiapan
alat:
- Obeng berbagai ukuran (harus berhati-hati jika menggunakan obeng magnetic jangan sampai terkena perangkat yang sensitive seperti LCD monitor ataupun harddisk)
-  Kuas pembersih (dalam hal ini saya menggunakan sisir cat rambut)

Kamera digital, berfungsi untuk mendokumentasikan pembongkaran bagian2 laptop ini adalah salah satu cara yang aman untuk mengingat semua posisi bagian2 laptop yang kita bongkar untuk berjaga-jaga jika terjadi masalah karena salah memposisikan setelah pemasangan kembali
Saran:
- Usahakan untuk menjaga tangan tetap kering dalam proses bongkar-pasang yang beresiko ini. Bagi yang tangannya berkeringat disarankan untuk menggunakan sarung tangan. 
- Cari tempat yang terang, sejuk, kering, bersih untuk melakukan proses ini
- Pembongkaran laptop sebenarnya tidak sesuai dengan standar prosedur produsen laptop (bisa di lihat pada buku petunjuk manual) jadi cara ini tidak saya sarankan


B. Action
Jika persiapan sudah lengkap dan siap untuk ambil risiko kita mulai bongkar laptop:
1. cabut batrai
 2. lepaskan  bagian penutup hardisk dan ram di bagian bawah caranya klik di sini

2. lepaskan semua baut di bagian bawah. Susun dengan rapi sesuai posisi supaya gampang di ingat.

Saran: usahakan untuk menyusun semua bagian2 yang sudah dilepas sedemikian rupa biar gampang di ingat. Kalau perlu difoto setiap langkah-langkah yang dilakukan supaya bisa melihat perbedaan sebelum dan sesudah- just in cease jika terjadi kesalahan tinggal bandingkan dengan foto

3. balikan laptop, buka bagian penutup keyboard. Cungkil dengan obeng min dan lepaskan dengan hati hati agar tidak patah. 

4. Setelah terbuka, lepaskan dua baut di bagian bawahnya. Angkat keyboard dan cabut socket di bagian bawahnya. Hati-hati agar tidak rusak.
saatnya melepaskan casing bagian atas, perhatikan apakah ada yang masih menghalangi seperti sambungan socket ataupun baut yang belum dicabut.
 ini adalah perangkat wireless. jika hendak mencabut kabelnya, harus hati-hati agar tidak tertukar. tapi menurutku ini tidak perlu dicabut.
5.  Dengan begitu casing bagian atas akan mudah dibuka. buka dengan hati-hati menggunakan obeng min, pic gitar atau yang lainnya.
begini tampaknya setelah casing dilepas
6. Lepaskan DVD drive

Perhatikan apakah baut dibahnya sudah di buka atau belum


7. Setelah DVD drive dilepas, sekarang bagian paling susah… melepas modherboard.
Buka semua baut yang menopang motherboard di casing laptop, lepaskan socket-socket yang menghalangi. jangan lupa untuk mengingat letak socket yang anda cabut. (beberapa diantaranya tidak saya cabut)
  

Selanjutnya lepaskan baut yang menopang LCD monitor lalu rebahkan dengan hati-hati, perhatikan kabel yang masih terhubung supaya tidak tertarik. Kemudian lapisi permukaan monitor agar tidak tergores. Selanjutnya coba lepaskan mother board. Ini yang paling sulit. Harus hati-hati.
 lihat, fan yang tidak pernah dibersihkan selama kurang lebih 4 tahun
8. Pembersihan : lepaskan fan, dan bersihkan debu yang menempel
lihat bagian yang tersumbat ini. jika dibiarkan akan menyebapkan perangkat pendingin tidak bekerja optimal
Saya tidak menyangka ini bisa saya temukan di dalam laptop, beruntuk belum ada kerusakan yang fatal.
jangan lupa casing bagian bawah juga dibersihkan
 9. Pasang kembali sesuai urutan. (saya hanya memposting cara bongkar bukan cara pasang. risiko tanggung sendiri)
 
artikel ini di ambil dari : kribsdepongs.blogspot.com/2014/04/tutorial-cara-bongkar-membersihkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar